Rabu, 06 Juli 2016

Apa itu Parquet Block, Lamparquet dan Flooring?

Istilah parquet berasal dari bahasa Perancis kuno parchet, yang secara harafiah artinya ruang kecil yang tertutup. Pada tahun 1684 pertama kali-nya dipasang lantai kayu jenis mosaic tile dengan 4 sisi sama panjang dengan pola susunan yang kita kenal saat ini dengan nama Parquet Versailles.

mosaic tile versailles



Parquet block dan lamparquet secara umum ditujukan untuk produk lantai kayu yang berbetuk potongan potongan kecil dan didesign khusus sehingga memungkinkan untuk berbagai macam pola atau motif susunan. Berikut adalah gambar susunan parquet yang populer dan digemari.



Lalu apa beda Parquet block dengan Lamparquet? Parquet block di pasaran biasanya ditujukan untuk produk lantai kayu dengan potongan kecil (lebar 2 inch atau 50,8mm), panjang tidak lebih dari 60cm, dan ketebalan 12, 15, atau 18mm, dengan profile T&G (tongue & groove) untuk konstruksi-nya.







Sedangkan lamparquet lebih ditujukan pada produk lantai kayu dengan ukuran lebar sekitar 50mm sampai 80mm, panjang 250 – 600mm, tebal di sekitar 10 – 15mm akan tetapi produk ini tanpa menggunakan konstruksi T&G seperti pada parquet block. Bentuk lamparquet pada dasar-nya adalah S4S (Surfaced Four Sides) atau ke empat sisi-nya sudah halus.


picture: S4S


Namun, sering pula kita jumpai produk lamparquet yang di bagian bawah-nya ber-profile dengan bentuk yang beragam, tergantung dari produsen masing- masing.

Sedangkan untuk istilah Flooring lebih ditujukan untuk produk lantai kayu yang akan disusun dengan panjang yang acak atau biasa juga dikenal dengan istilah random length. Biasa-nya dalam satu box akan ada berbagai macam ukuran panjang, mulai dari 300mm sampai 1200mm. Lebar produk bisa mulai dari 60mm sampai 120mm. Ada juga yang disebut wide plank flooring yaitu lantai kayu dengan lebar 140mm atau lebih.


picture: installed random length flooring

Sekian penjelasan ringkas dari saya, semoga bermanfaat...

TGA Flooring
WA/SMS 082140070000
Email: tectonatimber@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar